PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA SD TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

0
357

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik menggunakan media video pembelajaran pada siswa kelas VA SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Ta’mirul Islam Surakarta pada bulan Oktober- November 2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Ta’mirul Islam Surakarta yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan dengan menggunakan expert judgement. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas VA SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Sebelum diberi tindakan, siswa yang tuntas hanya sebesar 29,17% atau sebanyak 7 siswa. Setelah dilakukan tindakan perbaikan di siklus I terdapat kenaikan persentase siswa yang tuntas menjadi 70,83% atau sebanyak 17 siswa. Peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi dari siklus I ke siklus II, yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 91,67% dari total siswa V A sebanyak 24 siswa.

Kata kunci: media video pembelajaran, hasil belajar tematik

DOWNLOAD LAPORAN PTK

Tinggalkan Balasan