Menilik Kreasi Topeng dari Koran Bekas

0
2255

SDTI – Topeng merupakan cerminan karakter atau sifat manusia. Sebagaimana karakter manusia yang bermacam-macam, kita pun dapat membuat topeng dengan berbagai karakter. Ada topeng yang berkarakter lucu atau jenaka, garang dan pemberani, menyeramkan dan jahat, atau yang sabar dan ramah.

Teknik atau cara pembuatan topeng pun bermacam-macam. Topeng dari bahan kayu dibuat dengan cara dipahat dan diukir. Topeng dari tanah liat dibuat dengan cara dibentuk. Sedangkan topeng kertas dapat dibuat dengan cara cetak atau cukup membentuknya dengan cara menggunting dan menempel.

Seperti yang dilakukan siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta, Kamis (8/10). Dengan berbekal peralatan sederhana, mereka dapat membuat kerajinan topeng dengan menggunakan teknik balon.

“Membuat topeng kertas dengan teknik balon ini mudah kok, cukup sediakan koran bekas, gunting, lem kanji, dan balon,” terang salah murid kelas V, Alfi Amalia.

Salah satu guru, Anis Telas, menjelaskan proses pembuatan topeng ini sangat simpel. Langkah pertama yang perlu dilakukan, yakni membuat kerangka topeng. “Setelah campuran kertas dan lem direkatkan pada media balon, kemudian ditunggu kira-kira satu hari untuk pengeringan,” jelasnya.

Setelah kering, topeng akan menjadi keras dan dapat dibentuk sesuai kreativitas anak. “Bentuk akhirnya, nanti hampir mirip topeng kayu,” kata dia.

Rencananya, hasil dari dari pembuatan kerajinan topeng ini akan ditampilkan pada saat kegiatan pameran siswa SD Ta’mirul, awal Februari mendatang.

Tinggalkan Balasan