Pramuka SD Ta’mirul Islam Adakan Kemah dan Bakti Sosial

0
844

SDTI – Sengatan sinar matahari cukup membuat Muhammad Hafidz Husain berkeringat. Namun, ia dengan dibantu beberapa teman di regunya tidak menghentikan aktivitasnya mengikat beberapa tongkat merah putih pramuka menjadi sebuah gapura.Tidak banyak memakan waktu, gapura dari tongkat itu pun sudah jadi. Berhias bendera merah putih di atasnya, gapura itu pun dengan gagah berdiri di depan tenda mereka.

Itulah sekilas gambaran kegiatan kemah bakti yang dilaksanakan Pramuka SD Ta’mirul Islam di Lapangan Desa Pranan, Polokarto, Sukoharjo (1-2/10/2016). Kegiatan kemah bakti yang diikuti lebih dari seribu siswa itu mengambil tema “Pramuka Ta’mirul, Pramuka Peduli”. Kegiatan dibuka dengan upacara yang selanjutnya juga dimeriahkan dengan adanya pertunjukan drum band.

Kepala SD Ta’mirul Islam dalam sambutannya mengatakan bahwa acara kemah bakti rutin dilakukan setiap tahun. Selain untuk membentuk kemandirian siswa, juga sebagai melatih rasa sosial.

“Anak-anak perlu dibekali latihan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri sehingga terbentuk kemandirian. Kemah juga sebagai latihan siswa untuk bersosial di masyarakat. Mereka bisa langsung terjun ke lokasi membagikan bantuan kepada masyarakat yang dinilai kurang mampu.”

Abi Kusno, selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan perkemahan Pramuka tidak hanya diarahkan pada kegiatan kepramukaan saja, tetapi juga mendidik untuk berjiwa sosial.

“Para siswa diajak memberi bantuan kepada masyrakat. Kami membagikan 225 paket sembako yang berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng.” Ujar Abi.

Selain paket sembako, tambah Abi, Pramuka SD Ta’mirul Islam juga memberi bantuan dalam bentuk buku untuk perpustakaan Masjd Ar-Rohmah Desa Pranan, bantuan renovasi gawang lapangan Desa Pranan, bantuan sarana pendidikan, dan alat-alat kebersihan bagi sekolah-sekolah di sekitar lapangan kemah. (adh)

Tinggalkan Balasan