Peringatan Hari Pahlawan 10 November Kelas V SD TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA

0
955
Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan Republik INdonesia dalam rangka Peringatan hari Pahlawan 10 November
Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan

Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia

(Kopral R.M. Warudju Harumbojo)
eyang Warudjo
eyang Warudjo

Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan“, merupakan salah satu tema yang diangkat kelas 5 SD Ta’mirul Islam Surakarta dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan mengenalkan secara langsung kepada siswa pelaku sejarah yang turut serta dalam perjuangan kemerdekaan NKRI. Dalam tajuk sarasehan kali ini selaku koordinator kelas V, Esti Indriani S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini, dan ucapan terima kasih kepada narasumber yang sudah berkenan berbagi pengalaman kepada siswa – siswi, serta berharap supaya siswa – siswi mampu mengambil manfaat dan teladan bagi kehidupannya. Selain itu, bapak Kepala Sekolah, Aris Paryanto, S.H.I. S,Pd., sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh kelas V yang telah memodifikasi kegiatan belajar mengajar di luar kelas dengan tajuk “Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan”.

Tanda Jasa eyang WarudjoSebagai narasumber dalam kegiatan Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan beliau veteran Tentara Republik Indonesia Kopral R.M. Warudju Harumbojo yang merupakan salah satu anggota pasukan Brigjend. Slamet Riyadi. Dalam karir perjuangannya beliau juga pernah mendapat tanda bintang jasa oleh Presiden-Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia didalam perjuangan gerilya membela kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu pengalaman berharganya yaitu ketika beliau terkena serpihan mortir yang mengenai tempurung kepala dan mendera cedera selama 3 bulan. Meskipun demikian, hal tersebut tidak membuat jera eyang Warudju (sapaan beliau) untuk kembali ke medan peperangan guna memperjuangkan kemerdekaan. Beliau juga menyampaikan keikutsertaannya dalam operasi penumpasan Gerakan 30 S PKI di Jawa Tengah. Pesan akhir beliau kepada cicitnya (sapaan beliau kepada Siswa-Siswi kelas V) untuk senantiasa memegang teguh keyakinan hatinya dan tidak mudah terombang-ambing oleh perkembangan zaman. Sebagai wujud apresiasi anak kepada beliau eyang Warudju, ada beberapa anak yang secara spontan memberikan bingkisan kecil sebagai tanda terima kasih atas jasa beliau.

Foto Siswa kelas V bersama eyang Warudju
Foto Siswa kelas V bersama eyang Warudju

Dalam kegiatan “Sarasehan bersama Pejuang Kemerdekaan” juga ditampilkan beberapa penampilan anak. Sebagai penampilan awal dibuka dengan dacil oleh ananda Fara (5E), yang insya Alloh akan mewakili kota Surakarta dalam ajang MAPSI tahun 2016 di kabupaten Blora besok pada tanggal 11 – 13 November 2016. Kemudian dilanjutkan tampilan cerita Islami oleh ananda Raka (5G). Tidak kalah menariknya duet pantomim Magi (5C) & Danendra (5C) yang menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai pemuncak acara, ditampilkannnya kolaborasi macapat oleh ananda Intan (5D), geguritan oleh ananda Shira (5H) dan paduan suara oleh siswa-siswi kelas 5. Acara diakhiri dengan doa oleh beliau langsung eyang Warudju. (ysf)

cerita islami

Doa Bersama

Bina Vokal SD Ta'mirul Islam Surakarta

Geguritan

Tinggalkan Balasan