SD-MI Ta’mirul Islam Adakan Pameran dan Lomba

0
1108
Sejumlah anak dari TK/RA se-Kota Surakarta mengikuti lomba mewarnai dalam rangkaian kegiatan Pameran Pendidikan SD-MI Ta'mirul Islam Surakarta

SDTI – Minggu (27/1), SD-MI Ta’mirul Islam Surakarta mengadakan kegiatan pameran dan lomba antar-TK se-Soloraya. Kegiatan dengan tema “Ceria Berkreasi dan Berprestasi” ini dilaksanakan dalam rangka mengawali kegiatan penerimaan siswa baru (PSB) yang akan dilaksanakan Sabtu-Minggu, 2-3 Februari 2013.

“Kegiatan pameran dan lomba antar-TK ini, selain untuk menjalin ukhuwah Islamiyah, juga sebagai wadah dan sarana pengembangan kreativitas anak-anak TK,” ungkap Slamet selaku Wakil Kepala SD Ta’mirul Islam.

Dalam sambutannya, Slamet juga menyatakan bahwa pihaknya ingin  mewujudkan sekolah yang memanusiakan manusia, di mana sekolah tidak hanya belajar teori saja, melainkan bisa menunjang bakat dan kreativitas anak di kehidupan nyata. Selain itu, pembentukan karakter anak juga harus diutamakan sebagai modal berperilaku di masyarakat.

Adapun pameran dipusatkan di halaman SD Ta’mirul Islam. Akibatnya, halaman sekolah bak menjadi pasar tiban yang dijejali sekitar dua ribuan pengunjung. Ada sekitar 25 stan yang didirikan di halaman. Stan tersebut memajang aneka lukisan, kaligrafi, dan kerajinan tangan yang dibuat oleh siswa MI dan SD Ta’mirul Islam. Pengunjung yang tertarik dapat membeli barang yang dipajang di stan sebagai bentuk apresiasi bagi kreativitas siswa.

Selain pameran hasil karya, kegiatan juga diisi dengan lomba. Lomba diikuti lebih dari 60 TK yang ada di Soloraya. Jumlah total peserta lomba pun mencapai lebih dari 230. Ada tiga jenis kejuaraan yang  dilombakan, yakni lomba dai cilik, mewarnai, dan hafalan surah pendek. Juara pertama lomba dai cilik diraih oleh Firdanu Rahmat dari TK Islam Pembina Islam Diponegoro. Hasil terbaik lomba hafalan surah pendek diraih oleh Giluna Sania dari TK Al Hidayah 3 Grogol, Sukoharjo. Sementara itu, juara pertama lomba mewarnai diraih oleh Ayu Sutopo dari TK Pertiwi Mojolegi.

Acara pameran dan perlombaan juga diselingi pentas seni oleh siswa SD dan MI Ta’mirul Islam. Awal acara sudah disambut irama rebana dari siswa SD Ta’mirul Islam. Selain itu, ada gerak dan lagu berbahasa Arab-Inggris dari siswa MI Ta’mirul Islam. Tidak hanya itu, di tengah acara juga ada pembacaan puisi dan pentas teaterikal yang mengisahkan Nabi Ibrahim.

(Andi Dwi Handoko)

Tinggalkan Balasan