SD Ta’mirul Islam Kenalkan Alquran Sedari Dini

0
589

SDTI – SD Ta’mirul Islam Surakarta memperkenalkan peserta didik pada Al-Quran. Setiap pagi, sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, para murid terlebih dahulu mengaji surat-surat Juz 30.

Koordinator Guru Al-Quran SD Ta’mirul Islam, Aris Paryanto mengatakan, hal itu dilakukan tiap hari untuk membiasakan mengaji dan mengenalkan Alquran sejak dini kepada mereka.

Ia menambahkan, pelajaran Al-Quran memang menjadi salah satu unggulan di sekolah ini. Setiap hari di SD yang memiliki sekitar 1200 siswa ini diselenggarakan pelajaran Alquran, “Dalam pelajaran itu, selain mengaji secara bersama-sama (klasikal), siswa juga diberi kesempatan untuk menambah hafalan mereka,” katanya ” Kamis (30/5) lalu.

Aris menerangkan, targetnya juz ke-30 (Juz Amma) yang diikuti oleh para siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Dilakukan berjenjang, jadi tiap kelas ada target hafalan, semisal kelas 1 mesti hafal sampai Al-Alaq.

“Harapannya nanti ketika mereka telah lulus dari sini, minimal sudah hafal juz 30 dan dapat mengaji secara tartil,” imbuhnya.

Sebagai bahan evaluasi harian dijelaskan Aris menggunakan buku evaluasi tersendiri yang diberi nama buku prestasi. Buku tersebut setiap harinya harus dibawa siswa agar tambahan mengaji atau hafalan mereka terpantau.

Sedangkan untuk setahun sekali diadakan wisuda tahfidz juz 30 atau tes hafalan pada siswa yang sudah khatam minimal juz 30. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan sekaligus apresiasi bagi anak didik yang telah hafal Alquran juz ke-30. Sedangkan bagi murid yang sudah melebihi target hafalan, semisal sudah hafal juz selain juz 30 juga diperbolehkan untuk ikut pada acara tersebut.

(Aji Najmudien)

Tinggalkan Balasan