Siswa dan Dokter Kecil SD Ta’mirul Islam Ikuti Penyuluhan Keamanan Pangan

0
744

SDTI – Cerdas itu dimulai dari tubuh yang sehat. Makanan yang kita konsumsi mempunyai pengaruh yang sangat besar pada kesehatan tubuh kita. Tak terkecuali jajanan yang kita konsumsi sehari-hari.

BPOM
Penyuluhan pangan oleh petugas BPOM

Bertempat di kompleks sekolah, Kamis 19/4/2018, siswa kelas 4 SD Ta’mirul Islam Surakarta menyimak penyuluhan tentang keamanan pangan dari Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang. Selain penyuluhan tentang jajanan yang tidak aman, anak-anak juga mempelajari tentang bahaya yang mungkin ada pada makanan sehari-hari. Mulai dari bahaya FISIK (stapless, potongan lidi, rambut), bahaya KIMIA (sisa pestisida, formalin, boraks), dan bahaya BIOLOGI (bakteri jahat, virus, parasit).

Petugas BPOM membimbing dokter kecil SD Ta'mirul Islam Surakarta dalam pengujian keamanan pangan
Petugas BPOM membimbing dokter kecil SD Ta’mirul Islam Surakarta dalam pengujian keamanan pangan

Dengan pendampingan tim BPOM, siswa mengamati beberapa sampel jajanan di sekitar sekolah. Salah satu anggota Dokter Kecil SDTI juga berkesempatan untuk melakukan pengujian secara langsung terhadap sampel jajanan tersebut.

Siswa SD Ta’mirul Islam mengamati pengujian jajanan dengan sinar UV
Siswa melakukan praktik doa sebelum makan
Siswa melakukan praktik doa sebelum makan

Hasil penyuluhan hari ini akan disosialisasikan pada seluruh siswa di sekolah melalui wali kelas. Insya Allah, dengan kegiatan ini anak-anak menjadi lebih sadar akan pentingnya cerdas dalam memilih jajanan di sekitar sekolah.

 

Tinggalkan Balasan