Belajar Jual Beli dengan Berbelanja di Pasar Tradisional

0
1514

SDTI – Senin (5/12/2016) Siswa kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan tema “Asiknya berbelanja di Pasar Tradisional”.

Siswa tampak semangat  mengunjungi Pasar Penumping, Laweyan, Solo, dengan berjalan kaki, mengingat lokasinya yang tidak terlalu jauh. Sesampainya di pasar, mereka asyik berbelanja dan menawar  barang-barang yang mereka beli. Sebelumnya setiap kelas telah dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok sayur, buah, lauk pauk, bumbu, dan jajan pasar. Mereka telah dibekali modal sebanyak Rp 20.000,00 untuk dibelanjakan.

Setelah kegiatan tersebut para siswa mengadakan Pasar Anak di sekolah. Siswa yang semula menjadi pembeli, selanjutnya bisa merasakan menjadi penjual. Tidak hanya siswa yang antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini, bapak ibu guru juga ikut serta membeli barang belanjaan anak-anak.

Kegiatan ini telah berjalan di setiap tahunnya dengan tujuan mengaplikasikan materi pelajaran yaitu “Jual Beli dan Uang” dengan cara mengenalkan Pasar Tradisional kepada anak-anak.

Alhamdulillah, anak-anak merasa sangat senang dan puas ketika mereka berhasil menawar harga barang, mengetahui barang-barang dagangannya habis terjual, dan yang terpenting mereka dapat merasakan cara mengelola uang yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. (Agtia)

 

Info PPDB 2017/2018 klik: Jadilah bagian dari keluarga besar kami

Tinggalkan Balasan