Siswa Kelas VI SD Ta’mirul Islam Surakarta Ikuti SBT dan Mabit

0
699
kelas vi sd ta'mirul islam mabit dan sbt

SDTI – Sebanyak 189 siswa kelas VI SD Ta’mirul Islam Surakarta mengikuti kegiatan malam bina mental (MABIT) dan SBT di aula sekolah, Kamis – Jumat (22-23/1). Selain untuk menambah keimanan dan ketakwaan, kegiatan ini secara khusus untuk mempersiapkan mental dalam menghadapi Ujian Sekolah/Madrasah 2016. Acara inti adalah Spiritual Building and Training (SBT) dengan pembicara Andi Kusuma Brata, seorang trainer nasional dari Tiga Serangkai. Siswa cukup antusias mengikuti jalannya SBT.

Andi Kusuma menjelaskan kepada siswa bahwa untuk menuju kesuksesan diperlukan adanya perencanaan. Oleh karena itu, beliau menanamkan motivasi dengan semboyan “Sukses Itu Direncanakan”. Hadir juga dalam acara itu, orang tua dan wali siswa kelas VI. Hal ini dimaksudkan supaya ada persamaan tekad dan upaya untuk mendidik siswa dari sekolah dan keluarga di rumah.

“Cerdas itu dari rumah. Jadi, keluarga harus menjadi landasan utama dalam mendidik anak. Jangan tiba-tiba, datang ke sekolah, kemudian memberikan semua tanggung jawab pendidikan hanya ke sekolah.” terang Andi Kusuma di hadapan guru, siswa, dan wali siswa.
Andi Kusuma secara keseluruhan ingin mengajak siswa untuk lebih dekat kepada Allah, Rasulullah, orangtua, dan guru.

“Acara ini diadakan untuk membina iman dan takwa siswa, serta untuk bekal persiapan ujian sekolah di bulan Mei.” jelas Andi Makruf selaku koordinator kelas VI.
Setelah acara SBT siswa tidur di dalam ruang kelas yang sudah “disulap” menjadi ruang tidur. Siswa dibangunkan pukul 03.00 untuk menunaikan salat tahajud dilanjutkan salat Subuh, dan refleksi kegiatan.

Paginya para siswa diajak jalan sehat sembari membagi-bagikan beras yang sebelumnya mereka kumpulkan kepada orang yang membutuhkan.

“Setiap ada kegiatan, kelas VI selalu dibiasakan untuk mengumpulkan uang seikhlasnya untuk kegiatan bakti sosial untuk menumbuhkan kepekaan sosial di dalam diri masing-masing.” terang Aris Paryanto, salah satu guru kelas VI.

(Andi Dwi Handoko)

Tinggalkan Balasan