Semarakkan Kemerdekaan dengan Ajang Pencarian Bakat

0
662

SDTI – Semangat memupuk rasa nasionalisme sangat terasa di SD Ta’mirul Islam Surakarta, Sabtu (12/8). Sejak pagi hari, seribuan siswa sudah terkumpul duduk rapi di halaman sekolah setempat. Dengan iringan musik organ, mereka menyanyikan lagu nasional seperti Hari Merdeka, Tanah Air, Indonesia Pusaka, dan lainnya.

Mengusung tema SD Ta’mirul Islam Bertabur Bintang, para siswa memilih salah satu lomba yang telah dipersiapkan. Seperti murotal, azan, vokal, baca puisi, dai cilik, mendongeng, catur, menggambar, atau mewarnai.

“Semua kriteria lomba itu ada unsur nasionalisme. Seperti mendongeng materinya bertema patriotisme atau kemerdekaan,” ungkap ketua panitia, Heri Susanto.

Heri mengatakan tujuan dari diadakan lomba ini adalah mencari bakat terpendam dari setiap siswa. Selain itu juga untuk memupuk rasa percaya diri anak dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

“Lomba yang kami adakan ini sebagian besar juga sering diadakan oleh pihak dinas. Jadi mereka yang menang nanti akan kami persiapkan untuk bisa mengikuti lomba-lomba berikutnya agar SD Ta’mirul Islam bisa semakin berprestasi,” kata dia.

Selain lomba, lanjut Heri , juga ada beberapa stan kuliner yang disediakan para guru. Seperti jajanan pasar (makanan tradisional), es buah, bakso bakar, dan stup makaroni.

“Biar anak tahu dan kenal jenis makanan asli dari daerahnya. Bukan hanya junk food saja,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu murid kelas 1F,  Syafira Nadin Prasetya mengaku ini adalah pertama kalinya ia mengikuti lomba. Ia yang saat itu menjadi peserta lomba murotal mengaku sangat senang dengan pengalaman barunya.

“Aku baru pertama ini. Tadi disuruh baca Surat Al-Lahab tapi agak lancar,”ucapnya polos.

(Dynda Wahyu Wardhani)

Tinggalkan Balasan