27 C
Surakarta
Senin, Agustus 19, 2019
PENGUMUMAN Daftar Kelas SD TA'MIRUL ISLAM
PENGUMUMAN Daftar Kelas SD TA'MIRUL ISLAM
PENGUMUMAN Daftar Kelas SD TA'MIRUL ISLAM
Beranda Seputar Sekolah Kegiatan Ta’mirul Isla...

Ta’mirul Islam Kurbankan 11 Sapi dan 9 Kambing

-

SDTI – Sinar matahari pagi belum terasa terik. Seekor sapi dibawa petugas jagal memasuki kompleks SD Ta’mirul Islam Surakarta. Setelah diikat dan direbahkan dengan cara yang tepat, sapi itu siap disembelih sang jagal. Gema takbir dikumandangkan para siswa saat prosesi penyembelihan sapi. Terlihat beraneka ekspresi yang terpancar dari raut wajah mereka.

“Kamu baru tahu sapi disembelih secara langsung ‘kan?” tanya salah satu wali siswa kepada anaknya yang dijawab dengan ekspresi gembira dan anggukan tanda persetujuan dari anak tersebut.

Itulah salah satu rekam kejadian saat diadakannya prosesi penyembelihan hewan kurban di kompleks SD Ta’mirul Islam Surakarta, Sabtu (2/9/2017). Pada tahun ini SD Ta’mirul Islam yang bekerja sama dengan MI dan SMP Ta’mirul Islam Surakarta berhasil menghimpun hewan kurban sebanyak 11 sapi dan 9 kambing. Hewan kurban tersebut ada yang disembelih langsung di sekolah dan ada yang disalurkan ke beberapa daerah yang membutuhkan.

“Dari hasil penghimpunan kurban siswa atau guru dan ditambah pengumpulan dana latihan kurban, kami mengurbankan 11 sapi dan 9 kambing,” terang Syafaat selaku koordinator kegiatan Kurban SD Ta’mirul Islam Surakarta. 

Syafaat menambahkan sebanyak 7 sapi dan 9 kambing disembelih di sekolah, sedangkan 4 sapi dikirim ke beberapa daerah, yaitu Mojosongo (Solo), Magelang, , Wonogiri, dan Karanganyar.

Bekerja Sama

Setelah hewan kurban yang di sekolah disembelih, daging hewan kurban tersebut kemudian dipotong-potong sesuai kebutuhannya, yakni dibungkus untuk dibagikan kepada yang membutuhkan atau dimasak langsung. Petugas pemotong daging adalah Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SD, MI, dan SMP Ta’mirul Islam Surakarta.

“Jadi, kita bagi tugas guru/karyawan. Ada yang bertugas di kelas dan bertugas mengolah daging hewan kurban, sehingga pembelajaran di kelas tetap berjalan efektif,” tambah Syafaat.

Guru SD Ta’mirul Islam bekerja sama memotong-motong daging dalam kegiatan Kurban 2017

Setelah pembelajaran, siswa kelas 1 sampai kelas 6 bergiliran untuk menyantap daging hewan kurban yang sudah dimasak. Mereka makan bersama di tempat yang sudah disediakan. Hasil olahan masakannya pun beraneka macam, ada sop, daging goreng, tongseng, bacem, tengkleng, satai, dan lain-lain.

(Andi Dwi Handoko)

 

Siswa SD Ta’mirul Islam mencuci perlatan makannya sendiri setelah digunakan untuk mengonsumsi masakan daging kurban.

Semangat kebersamaan siswa SD Ta’mirul Islam Surakarta saat makan bersama menikmati masakan hasil kurban.

 

Tinggalkan Balasan

985FansSuka
2,561PengikutIkuti
3,441PelangganBerlangganan

Tulisan Terbaru

Ta’mirul Islam Berk...

SDTI - Tampak siswa seko...

Ikut Pentas PAI, SD Ta...

SDTI – Kamis (25/7/2019)...

19 Prestasi Siswa SD Ta’m...

SDTI – Sabtu (20/7/2019)...

SD Ta’mirul Raih Pe...

SDTI - SD Ta'mirul Islam...

Inilah Dua Siswa SD Ta...

SDTI - Dua siswa SD Ta'm...