Sekar Raih Juara Harapan II Olimpiade Matematika Se-Jawa

0
1203
Sekar olimpiade
Sekar, peraih medali perak dalam KMT PPO 2017

SDTI – Sekar Azkia Faylasufa, siswa kelas VI SD Ta’mirul Islam Surakarta ambil bagian dalam Olimpiade Matematika 2017 yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya. Di ajang ini, Sekar memboyong predikat Juara Harapan II. Predikat ini patut disyukuri karena olimpiade ini diselenggarakan dengan cakupan wilayah se-Jawa. Dilansir dari website resmi lomba matematika Uinsa, lomba ini diikuti peserta se-Jawa dengan 19 rayon wilayah, yaitu Surabaya, Probolinggo, Malang, Jember, Banyuwangi, Lamongan, Jombang, Kediri, Madiun, Pamekasan,Pasuruan, Bandung, Jakarta, Surakarta, Yogyakarta, Kudus, Cirebon, Semarang, dan Purwokerto.

Baca juga : SDTI Juara Umum Lomba Matematika dan IPA se-Jawa Tengah

Melewati beberapa tahapan seleksi

Menurut Sekar, ia mengikuti babak penyisihan di Rayon Surakarta. Bertempat di MAN 1 Surakarta, Sekar lolos babak penyisihan ini dengan jumlah peserta seleksi 47 peserta dari se-eks Karesidenan Surakarta. Setelah lolos penyisihan di Rayon Surakarta, ia mengikuti semifinal di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (16/9/2017). Dari semifinal, disaring sepuluh peserta terbaik dan Sekar termasuk di dalamnya.

Di babak final yang mempertemukan 10 finalis terbaik, Sekar harus puas mendapat Juara Harapan II. Namun demikian, ini menjadi pengalaman bagi Sekar untuk berusaha lebih baik lagi jika mengikuti di ajang kompetisi yang akan diikutinya mendatang.

Dengan meraih prestasi ini, Sekar menambah pundi-pundi prestasinya. Sebelumnya, ia bersama Earlene Delinda dan Indy Keysa Ameera yang tergabung dalam Tim LCC SD Ta’mirul Islam Surakarta meraih Juara III LCC tingkat Kota Surakarta yang sebelumnya menjadi juara pertama di tingkat kecamatan. Selain itu, Sekar juga meraih prestasi berupa Juara I Lomba Matematika & IPA di Ponpes Assalam, Juara II Olimpiade Sains Nasional Kecamatan Laweyan, Juara III Olimpiade Sains Nasional Kota Surakarta, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan