Posta Ikut Antarkan Rombongan Haji Cilik dari SD Favorit di Surakarta

0
855
Manasik Haji - SD Ta`mirul Islam Surakarta
Manasik Haji - SD Ta`mirul Islam Surakarta

“Labbaikallahumma labaik, labbaika laa syarikalala labbaik….” Seruan siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta memenuhi Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali.


SDTI – Setelah seminggu bergelut dengan Penilaian Tengah Semester II, siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta mengadakan kegiatan Mabit dan Manasik di Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali (13-14/3).  Selain sebagai sarana refreshing, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan kecintaan siswa terhadap rukun Islam yang kelima yaitu haji.  Kegiatan ini dijadikan  sebagai puncak tema karena terdapat materi haji dalam pembelajaran agama kelas V.

Kegiatan Mabit dan Manasik Haji diawali dengan manasik umrah pada sore hari, sedangkan manasik haji dilaksanakan ba’da subuh keesokan harinya.  Rombongan putra dipimpin oleh H. Muchlisin, S.Pd.I dan  H. Khamdani, S.Pd. Rombongan putri dipimpin oleh Hj. Fasihah Furoidah, S.Ag. Para siswa tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan manasik haji dan umrah seperti ihram, tawaf, sa’i, lempar jumrah, dan sebagainya.

Pada malam hari, kegiatan diisi dengan kegiatan motivasi oleh Budi Lenggono, S.Pd. MCH, CHt.  Acara ini dilaksanakan di Gedung Mekah yang juga merupakan tempat menginap siswa. Siswa diajak untuk tafakur dan diberi motivasi untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik, terutama dalam kemandirian, kerajinan, ketaatan kepada orang tua dan guru. Para siswa sangat tersentuh saat mengikuti kegiatan ini.

Manasik Haji - SD Ta`mirul Islam Surakarta
Manasik Haji – SD Ta`mirul Islam Surakarta

Rangkaian kegiatan Mabit dan Manasik Haji didukung penuh oleh Persatuan Orang Tua Siswa (POSTA) Kelas V. Konsumsi siswa dari awal sampai usai kegiatan diatur dan disiapkan oleh POSTA sehingga kegiatan Mabit dan Manasik Haji dapat terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah, kegiatan Mabit dan Manasik Haji ini sangat bermanfaat. Semoga kelak anak-anak bisa haji dan umrah ke Baitullah!” ucap Ibu Ety selaku ketua POSTA kelas V. 

Tinggalkan Balasan