Cerdas Memilih dan Membeli Produk Pangan dengan Cek KLIK

0
209

Saat ini, produk pangan (makanan dan minuman) beredar bebas dan bisa didapatkan dengan mudah. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah terbiasa memilih dan membeli sendiri produk makanan yang mereka inginkan. Namun, tidak semua produk pangan ini aman untuk dikonsumsi, sehingga konsumen -termasuk anak-anak- dituntut untuk cerdas dalam memilih produk makanan yang aman dan sehat.

Kamis (19/04/2018), siswa kelas 4 SD Ta’mirul Islam Surakarta menyimak penyuluhan tentang keamanan pangan dari Tim BPOM Semarang. Pada kesempatan ini anak-anak juga belajar menjadi konsumen cerdas dengan sebuah metode sederhana, yaitu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa).

Langkah-langkah sederhana ini bisa kita lakukan sebelum membeli produk pangan untuk memastikan keamanan produk yang akan kita konsumsi. Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan cek KLIK? Mari kita bahas satu persatu.

1Kemasan

Fungsi utama kemasan adalah untuk menjaga dan menjamin keamanan produk makanan. Pastikan kemasan dalam kondisi baik, tidak berlubang, penyok ataupun karatan. Kemasan yang rusak menandakan produk yang ada di dalamnya kemungkinan besar tidak aman untuk dikonsumsi

2Label

Label adalah informasi mengenai produk makanan yang ada pada kemasan. Informasi ini meliputi nama produk, produsen, keterangan halal, komposisi, nilai gizi, dll. Biasakan membaca label makanan ini dengan cermat sehingga kita bisa memilih sesuai kebutuhan.

3Izin Edar

Izin Edar menunjukkan bahwa suatu produk telah terdaftar di BPOM dan diizinkan untuk beredar di Indonesia. Pastikan produk yang akan kita beli memiliki Izin Edar dari BPOM dengan cara melihat kode registrasi yang tercantum pada kemasan. Ada beberapa kode registrasi yang digunakan untuk produk pangan, di antaranya :

  • MD untuk produk pangan yang diproduksi di dalam negeri.
  • ML untuk produk pangan impor.
  • P-IRT untuk produk pangan dari industri rumah tangga.

4Kedaluwarsa

Mengonsumsi pangan yang telah kedaluwarsa bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Pastikan produk pangan yang akan kita beli tidak kedaluwarsa dengan melihat tanggal kedaluwarsa (atau biasa ditulis EXP DATE) pada kemasan.

Dengan Cek KLIK diharapkan kita semua bisa menjadi lebih peduli terhadap keamanan produk pangan yang dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan