Siswa Kelas 6 Ikuti Penyuluhan Masalah Pubertas

0
1139

SDTI – Siswa kelas 6 adalah siswa yang mendominasi usia masa-masa puber. Di saat itulah mereka menemukan hal-hal baru yang berkaitan dengan psikologi maupun organ-organ seksual. Di usia-usia inilah mereka harus bisa memahami keadaan dirinya dan cara bergaul sesuai etika agama dan masyarakat. Mengingat pentingnya masalah ini, maka SD Ta’mirul Islam Surakarta mengadakan penyuluhan masalah pubertas kepada semua siswa kelas 6, Selasa (13/11/2018).


Bertempat di aula sekolah, para siswa diberi penyuluhan oleh psikolog, yakni Maya Safitri, S.Psi. Penyuluhan ini dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama untuk siswa putri dan sesi kedua untuk siswa putra. Di saat penyuluhan para siswa dibimbing untuk mengenali bagian-bagian tubuh mereka, utamanya yang berkaitan dengan organ-organ seksual. Mereka juga diberi pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan organ-organ tersebut. Tidak hanya itu, siswa juga diberi bimbingan mengenai tata cara bergaul dengan baik.


“Tadi diberi penjelasan tentang organ-organ tubuh kita dan cara menjaganya. Juga tentang cara bergaul sampai dijelaskan tentang kerusakan otak karena melihat tayangan pornografi dan main games,” terang Ahmad Yusron, siswa kelas 6.


Kegiatan ini adalah upaya sekolah untuk memberi informasi yang berkaitan dengan seksualitas dan cara bergaul sesuai etika. Dengan demikian, diharapkan para siswa punya bekal yang cukup dalam menghadapi masa-masa puber mereka. Hal ini juga menjadi bimbingan agar para siswa tidak terjerumus ke perilaku-perilaku yang negatif dan menyimpang.

Tinggalkan Balasan